Sabtu, 26 Maret 2016

Pembelajaran di TK Topi Penerapan Mata Kuliah Character Building bersama TFI Pertemuan Kedua

Kegiatan Belajar di TK Topi dalam Penerapan Mata Kuliah Character Building bersama Teach For Indonesia

I. PEMBUKAAN

Kelas     :   LH 21                                        Dosen   :   Dr. Ponijan Liaw, CPS

Waktu    :   Kamis, 24 - Maret - 2016

Lokasi   :   Tk Topi ( Jl, HH Rt. 008/01 No. 4 Kebon Jeruk, Jakarta Barat. (Depan GOR Kebon Jeruk) )


Tim yang Hadir   :   

Ketua       :   Chica Amelia Supriyadi  (1901499500)

Anggota   :
1. Anis Rosita                    (1901495093)
2. Syarifah Aisyah             (1901505724)

Tim yang Tidak Hadir   :   -


Kiri       :   Anis Rosita
Tenngah:   Syarifah Aisyah
Kanan   :   Chica Amelia Supriyadi


II. ISI

Untuk pertemuan yang kedua kami mengajarkan materi mewarnai. Kami mempersiapkan gambar yang kami fotokopi untuk mereka. Untuk anak perempuan kami berikan gambar Princess Anna dan untuk anak laki-laki kami berikan gambar Kristoff. Pada saat mewarnai anak-anak terlihat antusias karena mereka semua menyukai gambarnya. 









Suasana kelas saat mewarnai

Setelah mewarnai, kami memberikan materi membaca dan menulis. Kami membuat sebuah cerita yang ditulis di papan tulis, lalu anak-anak menyalin di kertas. Ada sedikit kesulitan bagi anak-anak, karena belum terlalu lacar dalam membaca.

Untuk kali ini, kami mencoba menerapkan metode mentoring, karena kami merasa dalam metode classroom kurang efektif berhubung melihat anak-anak sangat aktif.

Dari kegiatan pengajaran untuk kedua kalinya pengukuran kinerja pengajaran kami 8 dari 10. Karena kami mulai tau bagaimana sifat dari masing-masing anak yang kami ajarkan.

1. Evaluasi Internal : untuk anak-anak dipertemuan kedua ini, sedikit lebih susah diatur, mungkin karena sudah lebih mengenal kami, dan menganggap kami sebagai kakak. Jadi, kami harap bisa lebih disiplin dan lebih mudah diatur saat dikelas dan lebih tenang.

2. Evaluasi Eksternal : kekurangan kami kali ini adalah kurang sigap dalam membuat keadaan kelas kondusif.

Lembar Evaluasi


III. PENUTUP

Kesimpulan kami dalam kegiatan pembelajaran di Tk Topi adalah dalam pertemuan yang kedua, anak-anak semakin antusias tetapi untuk pertemuan kali ini sikap mereka lebih sulit diatur.

Kembali lagi kami berharap bisa menerapkan nilai-nilai pancasila di kehidupan sehari-hari sejak dini bagi anak-anak.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Character Building (TK Topi) LH21 - Binus University Template by Ipietoon Cute Blog Design