Kamis, 14 April 2016

Pembelajaran di TK Topi Penerapan Mata Kuliah Character Building bersama TFI Pertemuan Kelima

Kegiatan Belajar di TK Topi dalam Penerapan Mata Kuliah Character Building bersama Teach For Indonesia

I. PEMBUKAAN

Kelas     :   LH 21                                        Dosen   :   Dr. Ponijan Liaw, CPS

Waktu    :   Kamis, 14 - April - 2016

Lokasi   :   Tk Topi ( Jl, HH Rt. 008/01 No. 4 Kebon Jeruk, Jakarta Barat. (Depan GOR Kebon Jeruk) )


Tim yang Hadir   :   

Ketua       :   Chica Amelia Supriyadi  (1901499500)

Anggota   :
1. Anis Rosita                    (1901495093)
2. Syarifah Aisyah             (1901505724)

Tim yang Tidak Hadir   :   -


Hari ini adalah hari terakhir kami mengajar di Tk Topi

II. ISI

Pada hari ini hari terakhir kami mengajar di Tk Topi. Hari ini kami tidak membawa latihan soal apapun, karena ada suatu kegiatan dari Tk yaitu gladi resik untuk memperingati hari kartini yang akan diselenggarakan pada tanggal 20 April 2016. Kami mengadakan gladi resik di GOR Kebon Jeruk, karena letak dari GOR ada di depan Tk Topi. 

Pada gladi resik anak-anak diajarkan posisi baris berbaris. Bagi yang perempuan diajarkan untuk menari sebagai pengisi acara dan latihan catwalk di panggung. Pada saat acara mereka wajib menggunakan pakaian adat yang berasal dari Indonesia. Ada yang menggunakan adat Jawa, Sunda, Bali, Padang dan sebagainya. 





Suasana saat anak-anak perempuan latihan menari.

Lagu yang digunakan untuk menari yaitu lagu Ondel-ondel. Kegiatan hari ini sangat menarik karena membuat kita sebagai mahasiswa lebih dekat lagi dengan semua murid buakn hanya dari kelas yang kita ajarkan.

Setelah selesai melakukan kegiatan gladi resik kami masuk kelas dan pada saat dikelas kami mengucapakan terimakasih dan sedikit memberi nasihat kepada mereka, lalu melakukan kuis secara lisan dan yang bisa menjawab pertanyaan dengan benar akan kami beri hadiah. Kami membeli cemilan untuk mereka karena ini juga pertemuan terakhir. Dan anak-anak antusias dengan kuis yang kami berikan. 


Dari kegiatan pengajaran untuk ketiga, pengukuran kinerja pengajaran kami 9 dari 10. Karena kami tidak mendapatkan masalah.

1. Evaluasi Internal : untuk anak-anak dipertemuan terakhir ini, keadaan kelas sangat baik dan kondusif dan tetap bersemangat.

2. Evaluasi Eksternal : kami rasa sikap kami sudah cukup baik dalam pertemuan yang terakhir.

Lembar Evaluasi


III. PENUTUP

Kesimpulan kami dalam kegiatan pembelajaran di TK Topi kali ini adalah komunikasi dan kerjasama dalam suatu tim sangat penting, karena jika tidak ada dua unsur tersebut suatu tujuan dan hasil tidak akan maksimal. Nilai kebersamaan juga kami dapatkan dalam kegiatan ini. Nilai sosial juga, karena kami belajar bersosialisasi di lingkungan yang sebelumnya belum kami kenal, mulai dari sikap anak-anak, dan cara bekerjasama dengan para guru. Kami juga belajar mengatur waktu, dan disiplin. Kami berharap kami bisa terus menerapkan sifat-sifat yang baik dalam diri kami sehingga berguna bagi semua orang. Dan bisa menjadi contoh teladan yang baik bagi yang lain.

Sampai berjumpa kembali siswa/i TK Topi, jadilah anak yang baik, disiplin, dan menghargai sesama. Dan jadilah penerus bangsa yang baik.

1 komentar:

  1. Betting on football with VR (Video Games) - VICTORY
    Betting on football with VR (Video Games) The best 유튜브 football simulator is virtual reality and deccasino its use of virtual reality (VR) technology to youtube downloader place an

    BalasHapus

 

Character Building (TK Topi) LH21 - Binus University Template by Ipietoon Cute Blog Design